Senin, 23 Februari 2015

Commuter Line Kota - Bogor

KA Commuter Jabodetabek (atau disebut juga KRL Commuter Line, dulu dikenal sebagai KRL Jabotabek) adalah jalur kereta rel listrik yang dioperasikan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek, anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (PTKA). KRL telah beroperasi di wilayah Jakarta sejak tahun 1976, hingga kini melayani rute komuter di wilayah DKI Jakarta, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.





Selain TransJakarta, ibu kota juga punya moda transportasi lain nih. Yang satu ini juga merupakan transportasi masal yang fungsi utamanya adalah penghubung kota Jakarta dengan daerah – daerah penyangga yang ada disekitarnya seperti Kota Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Kaarena itulah namanya dikenal dengan Commuter Line Jabodetabek atau  KRL Jabodetabek (“Kereta Rel Listrik Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi“). stasiun yang khusus melayani Commuter Line ini telah menggunakan pintu masuk elektronik (Electronic Gate) telah diberlakukan E-ticketing diseluruh jalur Commuter Line dengan E-Ticketing seperti ini, saja jadi merasa naik MRT di Singapore atau naik Yamanote Line di Tokyo.
Mirip dengan stasiun kereta yang ada di luar negeri, informasi jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta juga ditayangkan di Stasiun  ditampilkan jadwal keseluruhan hari itu saja. Padahal akan lebih baik kalau ditampilkan juga jadwal kereta yang akan datang dan pergi dalam jangka waktu 5-30 menit kemudian.



frekuensi keberangkatan lumayan banyak. Sehingga tidak masalah datang ke stasiun tanpa tahu jadwal keberangkatan dahulu, kecuali perlu datang ke tempat tujuan tepat waktu. Commuter Line Jabodetabek ini menggunakan armada kereta api yang menggunakan listrik untuk menggerakkannya. Saya jadi ingat model kereta yang ada di Singapore dan di Jepang, kereta Commuter Line Jabodetabek mirip sekali interiornya. Bagian tengah gerbong adalah untuk berdiri, sementara di pinggirnya ada kursi yang diprioritaskan untuk yang orang tua atau wanita yang membawa anak. Kalau seperti ini, enggak usah pergi jauh ke luar negeri jika ingin mencoba yang namanya kereta Mass Rapid Transit. Cukup naik saja kereta Commuter Line Jabodetabek ketika weekend. Saya tidak menyarankan untuk mencoba Commuter Line ketika hari kerja ya! Karena Commuter Line akan dipenuhi oleh orang yang sedang berangkat atau pulang dari tempat kerja.












Jalur Commuter Line Jabodetabek Yang Dioperasikan

1. Jalur Merah
Jakarta Kota → Jayakarta → Mangga Besar → Sawah Besar → Juanda → Gambir → Gondangdia → Cikini → Manggarai → Tebet → Cawang → Duren Kalibata → Pasar Minggu Baru → Pasar Minggu → Tanjung Barat → Lenteng Agung → Universitas Pancasila → Universitas Indonesia → Pondok Cina → Depok Baru → Depok → Citayam → Bojoggede → Cilebut → Bogor.
2. Jalur Biru
Jakarta Kota → Jayakarta → Mangga Besar → Sawah Besar → Juanda → Gambir → Gondangdia → Cikini → ManggaraiJatinegara → Cipinang → Klender → Buaran → Klender Baru → Cakung → Rawabebek → Kranji → Bekasi
3. Jalur Orange
Jatinegara → Pondok Jati → Kramat → Gang Sentiong → Pasar Senen → Kemayoran → Rajawali → Kampung Bandan → Angke → DuriTanah Abang → Karet → Sudirman → Mampang → Manggarai → Tebet → Cawang → Duren Kalibata → Pasar Minggu Baru → Pasar Minggu → Tanjung Barat → Lenteng Agung → Universitas Pancasila → Universitas Indonesia → Pondok Cina → Depok Baru → Depok → Citayam → Bojoggede → Cilebut → Bogor.
4. Jalur Hijau
Tanah Abang → Palmerah → Kebayoran → Pondok Betung → Pondok Ranji → Jurang Mangu → Sudimara → Ciater → Rawa Buntu → Serpong → Cisauk → Cicayur → Parung Panjang → Cileujit → Daru → Tenjo → Tigaraksa → Maja.
5. Jalur Cokelat
Duri → Grogol → Pesing → Kembangan → Bojong Indah → Rawa Buaya → Kalideres → Poris → Batu Ceper → Tanah Tinggi → Tangerang.
6. Jalur Pink
Jakarta KotaKampung Bandan → Ancol → Tanjung Priok.
Keterangan : Cetak Tebal berarti stasiun utama.
Jalur operasi KRL Jabodetabek (Sumber wikipedia)
Jalur operasi KRL Jabodetabek (Sumber wikipedia)
Stasiun Utama KRL Jabodetabek (Sumber : wikipedia)
Stasiun Utama KRL Jabodetabek (Sumber : wikipedia)

Peta Jalur Commuter Line atau KRL Jabodetabek

Peta Jalur KRL Jabodetabek, Klik untuk melihat ukuran lebih besar (Sumber Wikipedia)
Peta Jalur KRL Jabodetabek, Klik untuk melihat ukuran lebih besar


jio












Tidak ada komentar:

Posting Komentar