Jumat, 20 Maret 2015

Menikmati Keindahan Pulau Babi Pulau Kecil Di Pantai Melawai

Arachely Serena Pramudya 2y7m
Pulau Babi memang hanya sebuah pulau kecil yang berada di wilayah perairan Balikpapan Kalimantan Timur. Keberadaan pulau Babi ini tak bisa lepas dari pulau Tukung, karena kedua pulau ini memiliki jarak yang tidak begitu jauh antara satu dengan yang lain, dan memiliki bentuk yang serupa sehingga  banyak masyarakat yang menganggap pulau Babi ini sama dengan pulau Tukung. Yang menjadi pembeda diantara keduanya adalah saat air laut surut, kita bisa berjalan kaki menuju pulau Babi, sedangkan pulau Tukung tetap dikelilingi air meskipun laut sedang surut sekalipun. Jadi untuk menuju ke sana, pengunjung harus menaiki perahu motor atau speed boat.


Arachely Serena Pramudya 2y7m

Obyek wisata alam Pantai Melawai, berlokasi di tepian jalan raya dan sejalur dengan Pantai Banu Patra, Pelabuhan Semayang, serta kawasan kilang minyak Balikpapan. Pantai Melawai menjadi tujuan wisata yang cukup populer bagi masyarakat sekitar.
Tidak begitu jauh dari Pantai Melawai tampak sebuah pulau kecil, yaitu Pulau Tukung yang kerap juga disebut Pulau Babi. Sepintas pulau ini mirip Tanah Lot Bali. Jika air laut sedang surut, pengunjung pantai dapat berjalan kaki menuju pulau tersebut. Di Pulau Tukung banyak terdapat biota laut, dan ada juga kepiting. Bagi anak-anak kecil pemandangan ini menjadi keceriaan sendiri.
Nah, di pantai inilah banyak kalangan muda-mudi bersantai ria, ada yang sengaja datang untuk menikmati alam, ada yang sekedar bercengkrama sesama teman, dan ada pula muda-mudi yang menguatkan cita kasih di pantai ini.
Namun bukan berarti kalangan orang tua atau kelompok keluarga menjauh dari areal pantai ini. Justru dari kelompok inilah bersama sanak keluarga ikut meramaikan suasa pantai dan bersama-sama mnikmati alam terbuka ini.
Pantai Melawai merupakan tempat strategis di Balikpapan untuk melihat proses tenggelamnya matahari di ufuk barat (sunset). Sebab secara geografis Kota Balikpapan yang menghadap ke timur atau Selat Makassar, tampaknya hampir mustahil mendapat tempat yang baik untuk melihat sunset. Namun, anggapan itu ditepis dengan keberadaan Pantai Melawai yang terletak di teluk kecil sehingga memungkinkan melihat terbenamnya matahari.
Masalah jajanan tidak usah khawatir, karena diareal pantai ini terdapat aneka makanan yang dijajakan, yang umumnya menggunakan layanan lesehan. Berbagai makanan dijual di tempat ini, mulai dari camilan ringan hingga makanan berat. Jangan lupa nikmati pula menu khas tempat ini, yakni jagung bakar, sekoteng, dan pisang gapit yang disajikan bersama saus gula merah serta parutan keju.
Akses menuju Pantai Melawai tidaklah sulit, sebab lokasi pantai tak jauh dari kompleks Pertamina. Dari pusat kota Balikpapan, hanya berjarak sekitar 3 km. Bila tanpa kendaraan pribadi ada rute mobil angkutan kota Balikpapan.
Arachely Serena Pramudya 2y7m

Arachely Serena Pramudya 2y7m

Arachely Serena Pramudya 2y7m

Lokasi keberadaan pulau Babi ini juga sangat strategis, karena berada di pusat keramaian. Sangat dekat dengan pelabuhan Semayang dan Lapangan Merdeka tepatnya di Pantai Melawai. Untuk bisa menuju ke sana, datanglah pada saat air laut surut (biasanya sore hari). Tanpa ada tiket masuk (karcis retribusi), kita bisa berjalan kaki di hamparan pasir putih yang lembut untuk menikmati keindahan pantai.
Pasir Putih menuju Pulau Bab
Pulau kecil yang tak berpenghuni ini terdiri dari batu-batu karang yang kokoh dengan tanah di bagian atasnya, sehingga tumbuh berbagai macam pohon dan perdu di bagian puncaknya. Dari bagian atas pulau ini kita bisa menyaksikan banyak keindahan. Matahari terbenam, laut yang membiru dengan deretan kapal-kapal yang merapat di pelabuhan, hingga batu-batu karang yang kokoh dibagian pulau Babi itu sendiri.

Arachely Serena Pramudya 2y7m
Selain tempat untuk rekreasi keluarga, pulau ini juga sering kali dipakai untuk lokasi pemotretan beberapa model lokal, dan pemotretan untuk pra wedding.  Tak salah, karena selain mudah dijangkau, pulau ini juga menyajikan landscape pemandangan pantai dengan batu-batu karangnya yang eksotis.  Tak sedikit pula yang menikmati keindahan pulau kecil ini bersama sang kekasih.

Arachely Serena Pramudya 2y7m

Arachely Serena Pramudya 2y7m
Di celah-celah batu karang yang kokoh, tak jarang kita akan menjumpai berbagai binatang laut seperti  berbagai jenis ikan, dan kepiting.  Pemandangan nelayan yang sedang mencari ikan atau kapal-kapal nelayan yang terdampar karena surutnya air laut juga bisa kita jumpai di sini.

Bila kita naik ke sisi Tenggara, kita akan menjumpai batu karang yang memiliki tekstur yang unik. Batu-batu berwarna kecoklatan itu nampak seperti berlapis-lapis. Bahkan salah satunya menyerupai mulut goa yang sangat indah. Tentu saja kita perlu ekstra hati-hati saat berada di tempat ini, karena di bawah sana ombak dan air laut akan menyambut kita jika kita terpeleset. Dari sini kita bisa memandang laut lepas yang seolah tanpa ujung.

Arachely Serena Pramudya 2y7m
Arachely Serena Pramudya 2y7m with dad Pramudya Eka

Arachely Serena Pramudya 2y7m with dad Pramudya Eka
Sedangkan jika kita naik pulau ini dari sisi Barat Laut, maka view pelabuhan Semayang dengan berbagai aktivitasnya, dan juga hutan kota Balikpapan yang indah akan membuat kita berdecak kagum. Kontur tanah di Balikpapan yang bergunung-gunung membuat pemandangan seolah benar-benar ada gunung di dekat pantai.


Arachely Serena Pramudya 2y7m with dad Pramudya Eka

Arachely Serena Pramudya 2y7m with dad Pramudya Eka

Arachely Serena Pramudya 2y7m with dad Pramudya Eka

Arachely Serena Pramudya 2y7m feeling happy and comfortable with dad Pramudya Eka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar