Senin, 14 Maret 2016


Arachely Serena Pramudya (3y6m) mengunjungi Hutan Mangrove desa Karangsong kabupaten Indramayu provinsi Jawa Barat. Perlu diketahui Hutan Mangrove Karangsong mulai dirawat semenjak tahun 2008 dan berbenah menjadi ekowisata melalui progam CSR Pertamina RU VI Balongan yang dimulai dari tahun 2010 hingga 2014 serta dikelola oleh masyarakat lokal melalui kelompok Tani Lestari menjadikan tempat ini mulai dilirik wisatawan baik dari Indramayu sendiri ataupun dari luar kota. Dengan tersedianya jogging track sepanjang 750 m, pengunjung dapat menikmati kelestarian ekosistem mangrove di kawasan ini dengan mangrove sejati yaitu bakau dan api-api serta masing-masing kelompok mangrove tersebut terpisah menjadi 3 jenis lagi jadi total ada 6 spesies mangrove.  Keberadaan hutan mangrove ini juga dapat menangkal laju abrasi wilayah pantai Indramayu yang sudah terkenal memiliki potensi abrasi yang tinggi. Wisata Mangrove Karangsong Indramayu diharapkan dapat menjadi ekowisata andalan, tempat edukasi dan penelitian mangrove.












Perlu sentuhan dari Pemda Indramayu sendiri untuk menjaga kelestarian hutan mangrove ini dan klo bisa diperluas mencapai minimum 50 ha. Perlu dicontoh untuk beberapa daerah lain yang memang kondisi alamnya cocok untuk pertumbuhan bakau, jika sudah menjadi ekowisata maka otomatis ada penghasilan untuk warga sekitar dan perkembangan daerah itu sendiri. Untuk mencapai hutan mangrove ini harus menggunakan perahu wisata dari kawasan wisata pantai Karangsong, dibutuhkan tidak lebih dari 10 menit perjalanan dengan tarif Rp 10.000,- per orang, untuk masuk kawasan ini juga harus bayar lagi Rp 10.000,- jadi total pengeluaran untuk wisatawan umum Rp 10.000, + Rp 10.000, + Rp 3.000,- (masuk pantai) + Rp 2.000,- parkir kendaraan jadi total Rp 25.000,-.
Perkembangan mangrove disini sangat pesat dari progam CSR Pertamina pada tahun 2010 penanaman 5000 bibit mangrove, tahun 2012 penanaman 10.000 bibit mangrove, dan untuk 2015 ini 1000 bibit diantaranya (600 bibit mangove, 400 bibit diantaranya cemara , ketapang, dan widuri laut), diperkirakan sekarang sudah ada lebih dari 50 ribu mangrove di kawasan ini dengan bibit yang tumbuh dengan sendirinya.
















Rute Alamat Obyek Wisata Hutan Mangrove Karangsong Indramayu

Untuk anda yang akan berkunjung ke obyek wisata Karangsong Indramayu ini anda bisa ambil patokan dari bunderan kijang Indramayu. Kalau anda sudah berada di bunderan Kijang, maka arahkan kendaraan menuju kearah utara ke desa Karangsong. Ikuti saja jalan yang menuju Desa karangsong ini hingga ke bagian yang paling ujung sekali dan anda akan mendapatkan gapura yang bertuliskan "Selamat Datang di Wisata Pantai Song Indah Desa Karangsong". Nah kalau sudah sampai sini, berarti anda sudah sampai.































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar