Kamis, 02 Juli 2015

Arachely Serena Pramudya 2y with tutu party dress hand made go to birthday party

Add caption
TUTU DRESS adalah, sejenis baju ballet yang di modifikasi, saat ini tutu dress bisa di pakai untuk acara formal, ulang tahun bahkan untuk acara resepsi, saat ini, tidak hanya anak-anak yang menggunakan baju tutu, namun juga dewasa juga sudah banyak menggunakan dan memodifikasi baju tutu ini.












Bahan Tile atau Tulle adalah bahan berbentuk jaring-jaring berlubang-lubang kecil, terbuat dari bahan sintesis. Bahan tile ini terdapat berbagai macam, ada yang lembut dan ada bahan tile kasar. Untuk bahan tile lembut sendiri ada perbedaan kualitas, ada yang produksi pabrik tekstil lokal, berdasarkan pesanan/order. Ada juga bahan tile impor yang umumnya lebih lembut dan nyaman. Untuk tile kasar atau kaku umumnya digunakan untuk bagian daleman rok sehingga rok menjadi mekar. Selain itu terdapat bahan Tile glitter, sehingga kelihatan mewah. Umumnya Tile Glitter lebih mahal dari bahan tile biasa dan produksi dari luar (impor). Belum banyak produsen bahan tile di Indonesia karena konsumennya belum banyak. Terdapat beberapa pabrik tekstil yang sudah memproduksi namun jumahnya masih terbatas khususnya di bandung tetapi harga produksinya masih lebih mahal dari produk tile impor, sehingga sampai saat ini kami masih sangat tergantung dari impor.
Harga bahan Tile halus rata-rata Rp. 6000,- /yard, untuk tile kaku sekitar Rp. 10.000,-/yard dan untuk tile Giltter sekitar Rp. 15000 per yard. Jika membeli dalam jumlah besar harga tersebut bisa lebih murah lagi.
Bisa juga membeli bahan Tile bekas sisa impor di Cigondewah, dengan harga yang lebih murah, namun kuallitasnya kurang baik dan warnanya tidak seragam karena dijual potongan-potongan. untuk produksi memang kurang baik karena tidak ada kuntinuitas.

Selain untuk bahan dasar rok tutu (balet) dan bahan rok muslimah, bahan tile juga digunakan untuk pembungkus souvenir. Untuk bahan pembungkus sovenir pernikahan, digunakan bahan tile yang agak kaku dan khusus untuk pembungkus sovenir dan kurang cocok untuk pakaian.
























Kalau kemarin yang diposting adalah cara-bikin-tutu versi “ribet”, kali ini adalah versi “non-ribet” 😉 Cocok untuk last-minute-halloween costume, atau sekedar jadi rok lucu-lucuan buat dipakai pas jalan-jalan weekend ini. Asli nggak ribet, karena bahan yang dibutuhkan hanya :
– 2 x 1 meter kain tulle (Boleh satu warna, tapi disini saya pakai tiga warna : peach & kuning-lemon)
– Gunting
– Karet elastik
– Celana kecil/training pants
– Benang & jarum jahit
– Buku kamus ukuran besar
– Cemilan, DVD favorit & DVD player
Cara bikinnya :
1. Ambil karet elastik & ukur pinggang pinggang si kecil. Dikira-kira aja :-) Lebihkan sedikiiit & satukan kedua ujungnya dengan dijahit atau disimpul-mati.
2. Tumpuk-rapi ketiga kain tulle. Untuk membuat tutu pendek, lipat tumpukan tulle jadi empat bagian, lalu gunting searah panjang kain. Untuk membuat tutu panjang (atau untuk anak yang lebih besar… usia 3-4 tahun gitu), lipat tumpukan tulle jadi dua bagian.
3. Tumpuk keempat bagian potongan tulle searah panjang kain (horizontal). Gulung tumpukan tulle searah lebar kain, lalu gunting vertikal kira-kira selebar 5-7 cm. Hasil guntingannya adalah lembaran-lembaran tulle sepanjang kira-kita 20-an cm.
4. Bingung tadi itu ada buku kamus buat apa ? Nah ini gunanya : ambil karet elastik yang sudak disiapkan, pasang mengelilingi buku kamus.
5. Pasang tontonan DVD favorit anda & jangan lupa siapkan cemilan juga
6.Selanjutnya… mari kita mulai bikin tutu-nya sambil nonton DVD Ambil empat lembar potongan tulle, lipat-dua, lalu simpulkan pada karet elastik. Cara membuat simpulnya seperti pada gambar berikut :
Rapikan jarak simpul-simpul tullenya. Teruskan menyimpul sampai potongan tulle habis.
7. Supaya enak dipakai, jahit rok tutu ke sekeliling pinggang celana/training pants. Hiasi bagian belakang tutu dengan pita satin atau bunga-bunga.
Voila…. jadilah tutu skirt a la ngebut !
Selain untuk kostum ballerina, tutu bisa dipadu-padankan menjadi banyak kostum : pakai tutu-panjang & baju dengan lengan poof plus hiasan mahkota untuk kostum princess. Atau bersama sequined tanktop + sarung tangan jala-jala hitam & legging warnawarni untuk kostum Rocker Bebas berkreasi !










































Tidak ada komentar:

Posting Komentar