Rabu, 16 Desember 2015

Pantai Karang Song Indramayu

 
Pesona hutan di pesisir pantai, khususnya di Kabupaten Inremayu memiliki keindahan tersendiri. Terdapat ribuan pohon mangrove dari berbagai jenis memadati kawasan hutan yang diperkirakan mempunyai luas lebih dari 25 hektare.
 




Karangsong adalah desa di kecamatan Indramayu, Indramayu, Jawa Barat, Indonesia, desa ini terletak di sebelah timur pusat kota indramayu dengan batas desa yakni sebeleh utara Desa Pabean udik sebelah selatan Desa Tambak sebelah timur Laut Jawa sebelah barat kelurahan Paoman, Di desa karangsong terdapat tempat pelelangan ikan (PPI) Komplek Perumahan bumi cinde raya dan juga Perumahan Griya Song indah (GSI) yang selain perumahan juga memiliki fasilitas umum seperti wista Pantai yang kembangkan oleh Kelompok penggerak pariwisata (KOMPEPAR) Praja gumiwang dan ada juga wisata mangrove yang dikelola oleh kelompok pantai lestari, serta disepanjang jalan kita dimanjakan dengan adanya pembuatan kapal nelayan perikanan.
Untuk menuju ke desa karangsong, dari arah Cirebon di bunderan kijang lalu belok kanan ke jalan pahlawan, Dari jakarta bisa lewat jati barang lalu menuju pusat kota indramayu bisa dari jalan yos sudarso samai perempatan karang turi belok kanan atau dari jalan siliwangi (Kelurahan paoman) sampai perempatan karang turi lurus, dan dari jati barang akan menemukan simpang lima yang disebut bundaran mangga, dari situ bisa mengambil jalur Jalan Gatot Subroto sampai di bunderan kijang lurus.
Di desa karangsong juga terdapat kantor pelayanan seperti kantor Pol air Polres Indramayu, kantor TNI AL, kantor syah bandar, kantor UPTD Perikanan dan kelautan dan lainnya.

Hutan mangrove ini bisa berfungsi sebagai pelindungi dari ganasnya ombak laut yang tentunya bisa mengikis daratan disekitar bibir pantai. Sebagai contoh saja, Pantai Eretan sudah beberapa meter hilang akibat abrasi ganasnya ombak laut utara. Saat ini bibir pantai di Eretan sudah terpasang pondasi bebatuan untuk mengantisipasi abrasi gelombang laut. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki kondisi pantai kita, sebagai generasi Indramayu kita sudah sepatutnya menggandeng pemerintah untuk merevitalisasi pantai-pantai di pesisir Indramayu untuk ditanami Pohon bakau.
Pantainya juga cukup indah untuk area bermain anak-anak seperti serena adinda dan niseen
.





Silahkan parkirkan kendaraan anda di tempat yang nyaman dan aman. Sedikit tips nih, untuk anda yang berlibur ke Pantai Karangsong ini jangan lupa bawa lotion anti nyamuk, karena daerah hutan bakau yang memiliki rawa-rawa dan masih alami tentunya masih banyak sekali serangga dan nyamuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar