Senin, 04 Agustus 2014

PANTAI MELAWAI, BALIKPAPAN

Pantai Melawai berada di sepanjang Jalan Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Balikpapan sendiri adalah daerah pengeboran minyak bumi pertama di Indonesia.

Balikpapan merupakan kota yang menghadap timur, tepatnya menghadap selat Makassar. Dari posisi geografinya yang menghadap timur maka titik untuk melihat matahari terbenam berarti mungkin tidak ada. Tetapi, teorinya terbantahkan dengan posisi pantai Melawai yang sedikit berada di teluk kecil menjadikannya sebagai spot sunset terbaik di Balikpapan.

Pantai ini adalah tujuan wisata favorit di pusat kota. Pantainya terletak di antara pelabuhan Semayang dan pantai Banua Patra. Daerah ini juga merupakan pusat makanan dan minuman di malam hari.

Keunikan Pantai Melawai adalah saat petang akan banyak pengunjung duduk beralas tikar sambil menanti matahari terbenam dan menikmati pemandangan kapal-kapal yang sedang berlabuh, menurunkan muatan di Pelabuhan Semayang, atau berlayar di Teluk Balikpapan.

Pantai Melawai memiliki pemandangan yang indah dengan jaraknya yang dekat dengan pusat kota, Balikpapan Center atau sekitar 5 menit ke arah selatan. Di sepanjang pesisir Pantai Melawai juga disediakan beberapa kafe yang siap melayani Anda berduduk santai.



















 Hanya nampak kapal yang menurunkan jangkar dari kejauhan. Oleh sebab itu pantai ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang paling jelas dan paling indah dibandingkan tempat lain di Balikpapan. Para pengunjung yang datang ke pantai ini tentu tidak akan kesulitan mencari camilan.
Di sini banyak penjual makanan yang menawarkan makanan di tepi jalan. Salah satu makanan favorit para pengunjung di pantai ini adalah jagung bakar. Rasanya yang manis dan gurih tentu dapat menjadi pelengkap saat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam.
Selain jagung bakar, makanan tradisional seperti pisang gapit juga turut hadir di pantai ini. Pisang gapit merupakan pisang yang dipanggang dan disajikan dengan cara disiram saus dari gula merah. Ada pula minuman hangat seperti sekoteng yang dapat dinikmati di sini.
Di seputaran pantai, juga cukup banyak pedagang yang menjual makanan berat mulai dari penjual denga gerobak maupun restoran. Jalanan yang bersebelajan langsung dengan pantai dibatasi dengan beton. Para pengunjung kadang menggunakan pembatas beton ini sebagai tempat duduk.
Walaupun pantainya cukup sempit, pantai ini dikelilingi oleh hotel, restoran, tempat karaoke, bank, rumah sakit, dan tempat olahraga. Pantai ini hanya berjarak sekitar 3 km dari Balikpapan. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke Pantai Melawai, Anda dapat menggunakan angkot nomor 6 berwarna biru dari kota Balikpapan. Pantai ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan













































Tidak ada komentar:

Posting Komentar